Ini Deretan Orang Kaya RI Pembeli Klub Sepakbola Luar Negeri

Sihar Sitorus

topmetro.news – Ternyata, pengusaha yang juga anggota DPR RI asal Sumut, Sihar Sitorus, memiliki sebuah klub di Belgia. Setidaknya, begitulah pengakuan putra dari tokoh Batak, DL Sitorus itu.

Selain Sihar, ada juga beberapa Orang Indonesia lainnya yang memiliki saham di klub sepakbola luar negeri. Di antaranya Santini Group, yang bulan lalu mengumumkan pembelian saham klub asal Inggris Tranmere Rovers. Pembelian saham itu tepatnya dilakukan, Hari Rabu (4/9/2019). Santini Grup dimiliki tiga bersaudara, yaitu Wandi, Lukito, dan Paulus Wanandi.

Lalu yang terbaru adalah Robert Wijaya Suwanto dan Robert Budi Hartono yang membeli saham klub kecil di Italia, Como 1907. Mereka membeli saham klub asal Eropa tersebut melalui Sent Entertainment Ltd, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang media dan hiburan yang bermarkas di Inggris.

BACA JUGA | Orang Terkaya RI Beli Klub Bola Italia, Berapa Harganya?

Orang Indonesia Pemilik Klub Luar

Berikut ini adalah beberapa pengusaha Indonesia yang memiliki klub di luar negeri. Antara lain adalah:

1. Iman Arif

Pada 2010 lalu Iman Arif Mantan, Ketua Badan Tim Nasional (BTN) PSSI, secara resmi dinyatakan sebagai salah satu pemodal di klub Inggris, Leicester City. Melalui situs resminya, Leicester mengumumkan bahwa 20 sahamnya dimiliki oleh Imam melalui Cronus Sports Management Pte ltd. Namun tidak bertahan lama, setahun kemudian Iman menjual sahamnya.

2. Bakrie Group

Keluarga Bakrie Group juga pernah secara resmi membeli klub juara liga Australia, Brisbane Roar pada Oktober 2011 lalu. Melalui PT Pelita Jaya Cronus, Bakrie menguasai mayoritas saham Brisbane Roar sebesar 70%. Kemudian pada Februari 2012 Roar mengumumkan lewat situs resminya bahwa mereka sudah sepenuhnya menjadi milik Bakrie.

3. Erick Thohir

Erick Thohir sempat membeli saham klub raksasa Itali, Inter Milan sebesar 70 persen pada 2013 lalu. Namun kepemilikan ini hanya bertahan selama sekitar 3 tahun. Pada 2016 Erick Thohir memutuskan untuk menjual saham miliknya kepada perusahaan asal China.

4. Sihar Sitorus

Sihar Sitorus yang merupakan mantan anggota Komite Eksekutif PSSI dan juga seorang pengusaha itu mengungkap bahwa dirinya sudah membeli sebuah klub Belgia yang kini bermain di divisi ketiga pada 2015 silam. Sihar menjelaskan bahwa proses pembelian klub itu terjadi setelah dia menjadi pemegang saham mayoritas. Sihar ingin membawa pemain-pemain Indonesia ke klubnya itu. Namun, dia enggan menyebut nama klubnya itu.

5. Yusuf Mansur

Melalui perusahaannya Paytren pada 2018, Ustaz Yusuf Mansur secara resmi mengumumkan pembelian saham klub sepak bola asal Polandia, Lechia Gdansk sebesar 10%. Setelahnya logo perusahaan PayTren secara resmi muncul pada bagian depan jersey klub Polandia, Lechia Gdansk.

“Ini bukan cuma sponsorship, tapi pembelian saham,” kata Yusuf Masur.

6. Budi Hartono

Pengusaha Indonesia dikabarkan membeli saham klub kecil di Italia, Como 1907. Ia membeli saham klub asal Eropa tersebut melalui Sent Entertainment Ltd, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang media dan hiburan yang bermarkas di Inggris.

Pengusaha Indonesia tersebut adalah Robert Wijaya Suwanto dan Robert Budi Hartono. Como dibeli Sent Entertainment Ltd saat dalam keadaan memprihatinkan. Manajemen klub sangat bermasalah dan memiliki banyak utang dengan berbagai pihak.

berbagai sumber

Related posts

Leave a Comment